INILAH KUE SPESIAL YANG BERNAMA "KLEPON"

INILAH KUE SPESIAL YANG BERNAMA "KLEPON"

Sejarah Kue Klepon ( Kue Tradisional ) Klepon (diucapkan KLE-pon) adalah kue tradisional, populer di Indonesia dan Malaysia. Ini adalah kue dari bahan ketan, diisi dengan gula Kalimantan cair (gula kelapa), dan berguling dalam parutan kelapa. Klepon hijau karena dibumbui dengan pasta yang terbuat dari pandan atau tanaman yang daunnya dracaena digunakan secara luas dalam masakan Asia Tenggara. Di bagian lain Indonesia, seperti di Sumatera dan di negara tetangga Malaysia, kue tradisional klepon disebut sebagai onde-onde. Sementara di Jawa onde-onde adalah merujuk ke Cina Jin deui, beras kue bola dilapisi dengan biji wijen diisi dengan pasta greenbean manis. Meskipun populer di seluruh Asia Tenggara, klepon mungkin berasal dari Jawa.
Kue tradisional Klepon, bersama dengan getuk dan cenil biasanya dimakan sebagai cemilan pagi atau sore hari. Untuk makan klepon harus berhati-hati karena salah satu yang baru direbus biasanya berisi gula kelapa cair panas yang akan bisa muncrat ketika kita menggigit. Product Kue klepon terkenal berasal dari Pasuruan (Jawa Timur), dijual dalam kotak di kios-kios kecil yang membuat garis panjang di pinggir jalan yang menghubungkan Malang dan Surabaya. Mereka juga dijual oleh penjual yang naik Bus yang masuk ke atau dari Malang / Surabaya. In English THIS CAKE IS NAMED SPECIAL "Klepon" History Klepon Cake (Cake Traditional) Klepon (pronounced KLE-pounds) is a traditional cake, popular in Indonesia and Malaysia. It is made ​​from glutinous rice cake, filled with liquid Kalimantan sugar (palm sugar), and rolled in grated coconut. Klepon green for seasoned with a paste made from pandan or dracaena plant whose leaves are widely used in Southeast Asian cuisine. In other parts of Indonesia, such as Sumatra and in neighboring Malaysia, traditional cakes klepon called onde-onde. While in Java dumplings are referring to China Jin deui, rice cake balls coated with sesame seeds greenbean pasta filled with sweet. Although popular throughout Southeast Asia, klepon may come from Java. Klepon traditional cake, along with getuk and cenil usually eaten as a snack in the morning or evening. To eat klepon have to be careful because one of the new boiled palm sugar usually contains hot liquid will be poured out when we bite. Product klepon famous cake from Pasuruan (East Java), is sold in a box at the small kiosks that make long lines at the side of the road that connects Malang and Surabaya. They are also sold by a seller who ride bus that goes to or from Malang / Surabaya.

Categories: Share

1 komentar:

  1. Jajanan tradisional ini sangat saya suka. Dan saya punya cerita unik di balik klepon! Kalau boleh, saya berniat pinjem gambar klepon anda untuk bahan tulisan saya. Tapi maaf, apa foto klepon itu buatan anda sendiri?

    BalasHapus